Safety Riding Saat Musim Hujan

12.22.2012 · Posted in catatan singkat

Safety riding alias aman berkendara di musim hujan seperti Wonosobo sekarang ini memang sangat penting. Berapa banyak kecelakaan terjadi akibat keteledoran pengendaranya. Belum lagi hal tersebut bisa mencelakakan orang lain yang jelas-jelas sudah super taat.

Mumpung Wonosobo lagi musim hujan, kali ini saya akan kembali membeberkan beberapa tips berkendara aman. Meskipun saya rasa hal ini juga sudah sering dibahas di blog lain.

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Satu hal pertama vital yang perlu dibahas adalah masalah kondisi kendaraan. Cek rem, lampu, titik aus ban, kondisi kemudi dan masih banyak lagi. Hal ini juga berlaku tidak hanya di musim hujan namun juga musim lainnya (musim duren, musim rambutan, musim kendondong). Jangan sampai seperti bis yang cuma mau kejar setoran, tapi tidak memperhatikan kelayakan jalan dari bis itu sendiri.

2. Siapkan Peralatan Pendukung

Peralatan disini seperti helm SNI dan kalo hujan jangan lupa menggunakan jas hujan bagi pengguna kendaraan roda dua. Bagi kendaraan roda empat perhatikan kondisi sabuk pengaman masih layak atau tidak. Biasakan juga anak untuk menggunakan sabuk pengaman.

3. Jaga Jarak Aman dan Kendalikan Kecepatan

Jaga kecepatan aman sobat saat hujan dan jaga kendaraan kita dalam jarak yang aman. Saya sering lihat masih banyak pengendara roda dua dan empat yang sembrono memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi padahal keadaan hujan. Selain itu jaga jarak aman dan jangan “atraksi” zig-zag di jalanan.

4. Awas Genangan Air

Hati-hati melintasi genangan air di jalan saat hujan, karena lebih sering itu adalah lubang di jalanan. Kita tidak tau seberapa dalam lubang tersebut, kurangi kecepatan jika terpaksa melewati genangan air.

5. Patuhi Peraturan Lalu-Lintas

Selalu patuhi peraturan lalu-lintas dimanapun kita berada. Sekali lagi pelanggaran tidak hanya merugikan kita namun juga orang lain yang sudah taat peraturan.

6. Berdoa Sebelum dan Sesudah Sampai Tujuan

Ini sangat penting, kadang kita melupakan hal ini. Jadi saran saya jangan lupa meminta perlindungan dari Tuhan saat berangkat dan jangan lupa bersyukur setelah sampai tujuan dengan selamat.

Sedikit tips dari saya semoga bisa mengingatkan pentingnya safety riding bagi pengendara kendaraan bermotor.

Incoming search terms:

Related Article

12 Responses to “Safety Riding Saat Musim Hujan”

  1. yang terpenting adalah menjaga tubuh tetap fit dan juga bawa bekal yang cukup :D

  2. kalau dimusim hujan seperti sekarang menurut saya yang paling penting jaga jarak + hati2 dalam berkendara . berdoa juga merupakan hal yg penting . *cukup baca bismillah ;)

  3. poin nomer 5 dan 6 yang kadang2 saya lakukan. hehehe :p

  4. yang sering dilupakan itu berdoa sob…:(

  5. pas nih, sekarang sering ujan sih

  6. kalau berkendara jangan kenceng2, konsentrasi perlu apalagi pas jalan sepi. pengalaman beberapa hari yang lalu jalan sepi saya ngebut dan duar saya nabrak sepedah motor yang ingin belok -__- naas nasib sy.

Leave a Reply

This Blog will give regular Commentators DoFollow Status. Implemented from IT Blögg

Switch to our mobile site