Categories: OOT

Membayangkan Reservasi Online Tiket Bus

Reservasi online saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat era digital ini. Orang sudah mulai malas untuk sekedar bergerak membeli tiket di agen. Jangankan untuk membeli tiket, membeli makanan saja minta diantarkan ojek.

Saat ini reservasi online tiket bus memang telah ada, berbagai macam penyedia seperti bosbis, traveloka, hingga redbus telah menyediakan di aplikasi besutan mereka.

Apakah sudah bagus sistem reservasi tersebut?

image source: blog.gamatechno.com

Saya bisa bilang sangat jauh dari moda transportasi semacam kereta atau pesawat terbang. Banyak kejadian seperti penumpang yang melakukan reservasi malah tidak mendapatkan tempat duduk, hingga nama mereka tidak terdaftar di manifest penumpang bus yang dipesannya.

Saat ini mungkin yang saya tahu baru rosalia indah yang menerapkan system reservasi online secara baik dan minim keluhan.

Apa yang saya bayangkan dengan sistem reservasi online tiket bus ini?

image source: mudikgratis.com

Saya membayangkan seperti tiket pesawat saja, meskipun banyak penyedia reservasi online dan banyak “merk” pesawat (Garuda, Citilink, Lion Air, Air Asia) namun mereka tetap memberikan kenyamanan penumpang dalam bertransaksi tiket secara online. Meskipun ada kejadian juga sudah pesan tiket pesawat namun ternyata ketika check-in penuh.

Yes, sampai saat ini saya masih merasa khawatir melakukan reservasi tiket bus secara online, jangan-jangan mereka menolak saya atau seperti kejadian ketika saya sudah reservasi travel namun travel tersebut tidak beroperasi hari itu.

Apa kendalanya?

Banyak sekali diantaranya belum ada keseriusan di pihak bus untuk memudahkan pembeli onlinenya. Masih banyak carut marut di lapangan sehingga banyak yang kemudian ditolak oleh bus yang bersangkutan, hingga tidak mendapatkan tempat duduk.

Di samping itu masih ada kekhawatiran agen bagaimana nasib mereka selanjutnya jika tiket online bus diterapkan secara baik seperti halnya tiket pesawat dan kereta api. Butuh win win solution tentunya sehingga agen tiket offline pun tidak menganggur nantinya.

Ke depannya jika sistem online diterapkan dengan baik, tidak akan ada bus yang berhenti di setiap terminal hanya untuk mencari penumpang, karena sudah jelas di terminal mana mereka akan mejemput penumpangnya. Ya semoga saja…

aryo

Recent Posts

Review Biznet Home di Wonosobo

Setelah lama berkutat dengan internet dari Indihome by Telkomsel akhirnya Wonosobo kedatangan beberapa ISP (Internet…

8 months ago

Review Kartu Kredit BNI Setelah 1 Tahun

BNI merupakan salah satu bank BUMN yang mengeluakan berbagai macam produk kartu kredit. Saya sendiri…

1 year ago

Review Beberapa Bank Digital

Bank digital kini kian menjamur, banyak alasan kenapa bank digital ini akhirnya booming. Mulai dari…

1 year ago

Pengalaman Menutup Rekening Jenius

Jenius merupakan produk bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) dimana bank ini menjadi pelopor bank…

1 year ago

Review Tokopedia Card BRI

Saat ini banyak bank yang berkolaborasi dengan ecommerce, salah satunya saat  ini BRI dengan Tokopedia.…

2 years ago

Rekomendasi Cafe di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Kebiasan nongkrong di cafe saat ini telah menjadi gaya hidup yang sudah trendy dan kekinian.…

2 years ago