Categories: Review

Review Kirim Melalui Pos Indonesia

Akhirnya setelah menggunakan beberapa jasa pengiriman, tiba saatnya mereview pengiriman melalui salah satu BUMN yang sudah lama berkecimpung di dunia kirim mengirim yakni PT Pos Indonesia.

Menggunakan jasa pengiriman “plat merah” ini hanya saya lakukan setiap 1 tahun sekali, dimana saya harus mengirimkan STNK yang berplat DKI Jakarta untuk perpanjangan (pembayaran pajak tahunan).

Pengirimannya sendiri saya lebih percayakan menggunakan Pos Express Dokumen, dimana dijamin oleh PT. Pos kalau kiriman kita akan tiba dalam 1 hari saja.

Beberapa kali memang tidak ada masalah dan benar kiriman sampai dalam 1 hari saja. Untuk tahun ini sedikit mengecewakan, karena sampai dengan H+2 kiriman masih belum diterima.

Keunggulan pos express sendiri bisa dilihat pada screenshoot website yang saya ambil dari website PT Pos sendiri

keunggulan POS Express

Disana dituliskan bahwa tempuh kiriman maksimal sehari sejak barang diposkan, namun celakanya diwebsite tersebut saya tidak menemukan kompensasi apa yang diberikan jika waktu kiriman tidak memenuhi kriteria SOP yang dibuat.

Saya hanya menemukan di lembar resi dicantumkan jika kiriman hilang akan digantikan (pertanggung jawaban isi kiriman) senilai 200 ribu rupiah.

Berbeda dengan jasa pengiriman swasta seperti JNE yang akan menggratiskan biaya kirim jika ternyata kiriman one day mereka tidak sampai dalam sehari. Meskipun jika diperhatikan sekelas JNE pun akan sedikit ribet dalam klaim hal tersebut.

Kelebihan PT POS sendiri jika dibandingkan dengan jasa pengiriman swasta memiliki pengantar sampai ke pelosok, namun kelemahannya tidak memiliki kompensasi yang jelas, sehingga kadang pengiriman express namun serasa pengiriman kilat biasa.

POS juga memiliki kanal customer service mulai dari Twitter, Instagram, Telegram hingga live chat, tidak kalah dengan jasa pengiriman swasta. Meskipun saya sendiri belum mencoba bagaimana kecepatan responnya.

Dalam hal pengiriman, POS sendiri masih sama dengan swasta. Kadang cepat kadang lambat tergantung dari agen pengirimannya meskipun POS unggul mereka memiliki agen pengiriman hingga ke kecamatan.

Semoga kedepannya, PT. POS memiliki SOP yang jelas mengenai pengiriman dan kompensasi apa yang diterima jika kiriman rusak atau terlambat. Apalagi POS juga bukan anak kemarin sore yang baru belajar cara membuat dan menjalankan SOP kan.

aryo

Recent Posts

Review Biznet Home di Wonosobo

Setelah lama berkutat dengan internet dari Indihome by Telkomsel akhirnya Wonosobo kedatangan beberapa ISP (Internet…

8 months ago

Review Kartu Kredit BNI Setelah 1 Tahun

BNI merupakan salah satu bank BUMN yang mengeluakan berbagai macam produk kartu kredit. Saya sendiri…

1 year ago

Review Beberapa Bank Digital

Bank digital kini kian menjamur, banyak alasan kenapa bank digital ini akhirnya booming. Mulai dari…

1 year ago

Pengalaman Menutup Rekening Jenius

Jenius merupakan produk bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) dimana bank ini menjadi pelopor bank…

1 year ago

Review Tokopedia Card BRI

Saat ini banyak bank yang berkolaborasi dengan ecommerce, salah satunya saat  ini BRI dengan Tokopedia.…

2 years ago

Rekomendasi Cafe di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Kebiasan nongkrong di cafe saat ini telah menjadi gaya hidup yang sudah trendy dan kekinian.…

2 years ago