September 24, 2020

Serba-Serbi WMS WIFI.ID Telkom

Banyak pertanyaan mengenai WMS Telkom, meskipun berbeda divisi (WMS di divisi Wifi.ID) namun ternyata segala keluhan masih jadi satu dengan Indihome.

Ciri khas Telkom yang tidak bisa hilang adalah masih ada perbedaan tarif antara layanan satu dengan lainnya. Seperti WMS ini antara witel satu dan lainnya ada perbedaan harga 320an dan 280an (belum PPn). Bahkan untuk Indihome dengan layanan sama dan witel sama saja kadang berbeda harga.

Beberapa pertanyaan yang muncul mengenai layanan WMS ini diantaranya:

Ubah SSID

img source: skytacco.blogspot.com

Untuk mengubah nama SSID kita harus menghubungi CS atau teknisi yang dulu memasang layanan WMS di rumah kita. Tidak seperti Indihome yang leluasa mengubah nama SSID (nama WIFI), WMS tidak memiliki akses ke router hanya memiliki akses ke login customer di (https://wms.wifi.id/customer)

Kecepatan Download dan Upload

Ada perubahan besar di WMS ini, dimana sebelumnya kita bisa mendapatkan kecepatan yang sama sekarang ada beberapa witel yang menerapkan kecepatan yang sama dengan Indihome (10:2). Jadi ada beberapa wilayah yang akan mendapatkan upload hanya 4 Mbps saja. Untuk mengakali beberapa teman akhirnya menembak SSID seamless.

Batas Kecepatan

Beberapa witel menerapkan batas download sampai dengan 100 Mbps. Saya sendiri jika menggunakan seamless akan mendapatkan sampai dengan 50Mbps dengan sinyal 2.4 Ghz bahkan ada yang pernah sampai 100 Mbps jika menggunakan sinyak 5 Ghz. Namun lagi-lagi aturan Telkom ada beberapa yang memasang akan mendapatkan kecepatan hanya 20 Mbps saja atau sesuai paket yang dipasang.

Menghilangkan SSID WIFI.ID dan Seamless

Kedua SSID ini memang rawan digunakan orang lain. Karena sejatinya menggunakan layanan WMS ini berarti seperti Telkom menitipkan SSID ini agar orang membeli voucher WIFI.ID. timbal baliknya ke pelanggan adalah internet tanpa FUP. Namun juga kita mesti sedikit berhati-hati, pengalaman saya Ketika ada yang menggunakan kedua SSID tersebut kemudian mendownload file, internet Venue (SSID milik kita) akan drop total.

Apakah kedua SSID ini dapat dihilangkan? Ada pelanggan yang bisa hilang namun ada pula yang Telkom beralasan sudah bundling dengan paket.

Main Game Tidak Nyaman

Beberapa pelanggan merasa tidak nyaman bermain game menggunakan WMS, ini juga saya alami karena WMS memiliki kelemahan kadang disconnect atau loncat. Paling sering saya mengalami disconnect. Untuk mengatasi bisa menggunakan Mikrotik, saya menggunakan mikrotik Ketika terjadi disconnect jaringan, mikrotik akan menyambungkan Kembali secara otomatis. Tentunya hal ini membutuhkan setting (banyak di Youtube), account seamless WIFI.ID, dan sedikit kocek untuk membeli mikrotik.

Tidak Ada Sambungan LAN

Jika berlangganan Indihome anda bisa melakukan koneksi Internet melalui kabel LAN, namun untuk WMS anda harus membeli mikrotik untuk kemudian digunakan LANnya. Bisa juga menggunakan DDWRT namun saya tidak menyarankan untuk awam, karena saat saya menggunakan DDWRT terkadang internet bisa terputus dan tidak mau connect kembali.

Aman Dari Penawaran Telkom

Sering mendengar ada penawaran dari Telkom melalui telepon? Atau anda sering mengalami kenaikan tagihan siluman. Menggunakan WMS saya belum pernah mendapatkan penawaran ataupun kenaikan harga internet. Mungkin hal ini karena Indihome dan WMS di divisi yang berbeda, selain itu tidak ada layanan Telepon dan TV menyebabkan tidak ada penawaran di produk ini. Mungkin nantinya jika sudah ada penambahan layanan lain kita patut mencermati tagihan jika ada kenaikan tagihan siluman.

Pemasangan (PSB) yang lama

Untuk Pemasangan Sambungan Baru (PSB) WMS ini bisa berjalan paling cepat 1 minggu paling lama 2 bulan. Hal ini karena jumlah pemasangan harus 2 kali, pertama router kemudian Cisco. Jeda setting cisco agar internet On juga bisa 3 – 7 hari. Saya sendiri 3 hari baru bisa sampai ON

Masih benar-benar True Unlimited

Mungkin inilah produk Telkom yang masih benar-benar Unlimited selain produk untuk Corporate seperti Astinet dan sebagainya. Entah mungkin saat tulisan ini naik beberapa tahun ke depan bisa saja Telkom menerapkan FUP (Fair Usage Policy).

Kesimpulan

Telkom yang masih menguasai pangsa pasar dan jaringan seperti Telkomsel masih menggunakan banyak syarat dan ketentuan yang mungkin berat di sisi pelanggan. Untuk itu jika anda berminat memasang layanan WMS ini ada baiknya bertanya kepada Sales, Teknisi, dan mencari melalui banyak media seperti Blog atau Youtube karena syarat dan ketentuan tiap witel Telkom bisa berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *