Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kartu Kredit

kartu kredit

Memiliki kartu kredit adalah bukan hal yang istimewa lagi di tahun 2024 ini. Menjamurnya pinjaman paylater membuat pengajuan kartu kredit tidak sesulit di jaman 2010-2015.

Persyaratan minimal gaji 3 juta sejak dulu saya rasa sakarang makin mudah dijangkau. Apalagi jika menilik hanya dengan KTP sudah dapat pinjaman paylater.

Dengan memiliki kartu kredit kita dapat:

1. Menunda pembayaran
Meskipun hal ini tidak direkomendasikan namun dengan memiliki kartu kredit kita dapat menunda pembayaran dengan 3,6, atau 12 bulan dengan cicilan 0 persen. Berbeda dengan paylater yang rata-rata mengenakan bunga dan jangka tenor yang pendek.

2. Mendapatkan Point
Berbeda dengan paylater, dengan menggunakan kartu kredit anda dapat mengumpulkan miles atau point lainnya.

3. Mulai mendukung QRIS
Beberapa kartu seperti Bank Mandiri, Bank BNI, dan beberapa bank lainnya sudah bisa menggunakan pembayaran QRIS dengan source fund dari kartu kredit.

4. Bisa digunakan di luar negeri
Berbeda dengan paylater yang hanya bisa digunakan di dalam negeri, Kartu kredit bisa digunakan di luar negeri sebagai salah satu alternatif pembayaran.

5. Meningkatkan credit score di mata bank
Ada pangalaman memiliki kartu kreditmembuat anda memiliki credit score yang baik di mata bank. Berbeda dengan beberapa paylater yang kabarnya bisa membuat credit score anda kurang baik, karena jika di cek di IDEBKU maka anda akan mendapatkan ratusan lembar ringkasan transaksi anda menggunakan paylater.

Meskipun memiliki banyak kelebihan namun anda juga patut waspada dengan penggunaan katu kredit, diantaranya:

1. Penggunaan tidak Sesuai dengan Pemasukan
Yang namanya kredit biasanya jika anda tidak aware yang terjadi adalah besar pasak daripada tiang. Hal inilah yang sering terjadi kalangan muda, terlalu asik berhutang malah menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Baca Juga  Mencoba Pre-Order Operator Baru Bernama Hup

2. Bunga Tinggi
Tidak beda dengan paylater, jika anda tidak bijak menggunakan kartu kredit yang terjadi adalah anda dapat terkena bunga yang sangat tinggi. Rata-rata bunga kartu kredit berkisar 30-40 persen setahun.

3. Keamanan
Anda patut waspada dengan keamanan, semenjak kartu kredit menggunakan Fitur Contactless jika kartu anda hilang anda wajib segera memblokirnya. Hal ini karena dengan fitur contactless kita bisa berbelanja maksimal 1 juta tanpa menggunakan PIN.

4. Biaya Tahunan
Wajib menjadi perhatian anda, rata-rata kartu kredit akan mengenakan biaya tahunan antara 300-2 juta dalam 1 tahun. Meskipun beberapa kartu kredit bisa mengajukan penghapusan terutama jika anda adalah pengguna aktif kartu kredit tersebut

5. Merasa Selalu Memiliki Uang
Ini yang sangat berbahaya dengan kartu kredit kita selalu merasa memiliki uang. Jika anda adalah orang yang konsumtif, makan penggunaan kartu kredit sangat tidak disarankan. Saya lebih menyarankan penggunaan kartu debit karena saat uang habis tentu anda sudah tidak dapat berbelanja lagi.

Itulah salah beberapa kekurangan dan kelebihan jika anda memiliki kartu kredit, Memiliki kartu kredit atau paylater tentu tidak salah, Yang salah adalah ketika anda tidak bisa mengatur cashflow anda yang menyebabkan hutang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *