Anjuran Model Baju Muslim yang Seharusnya Dikenakan

Perkembangan model baju muslim saat ini sangat pesat. Sebagai negara dengan pemeluk muslim terbesar di dunia, Indonesia disebut sebagai kiblat fashion busana muslim. Banyak para wanita yang menggunakan pakaian muslim dengan trendi sesuai dengan gaya jaman sekarang. Mereka menggunakannya di luar rumah dalam acara formal maupun non formal. Desainnya yang bermacam-macam menambah gaya berbusana kaum wanita islam masa kini.

Berikut adalah model pakaian muslim yang sedang digemari pada jaman sekarang:

  1. Baju muslim dengan motif kebaya
Baju muslim dengan motif kebaya
img source: trendbajumuslim.com

Model baju ini biasanya menggunakan kain jenis bruklat. Kebaya memang digunakan dengan model yang presbodi dengan menunjukkan lekuk tubuh

  1. Baju muslim renda
img source: pusatgrosirbaju.com
img source: pusatgrosirbaju.com

Baju dengan model renda ini bentuknya panjang terusan, namun memiliki aksen renda yang banyak dibagian dada dan pinggul. Baju ini juga bisa digunakan diberbagai kesempatan.

  1. Baju Muslimah
img source : plazabajumuslim.com
img source : plazabajumuslim.com

Baju ini memiliki model lurus tanpa  ada motif dan tidak menunjukkan lekukan tubuh pemakainya. Cenderung gomroh dan tidak press bodi, biasanya digunakan untuk acara pengajian atau keagamaan lainnya.

  1. Celana kerut
img source : kerudungramdhan.blogspot.com
img source : kerudungramdhan.blogspot.com

Selain menggunakan rok, kini banyak wanita muslimah yang memilih celana untuk melengkapi gaya berbusana mereka. Celana kerut yang kombor dan tidak ketat dipadukan dengan baju berbahan syifon akan membuat pemakainya terlihat menawan.

Banyaknya munculnya model baju muslim dewasa ini justru terlihat bahwa pemakainya lebih cenderung mementingkan fashion daripada makna dari berjilbab itu sendiri. Berjilbab atau menutup aurat adalah aturan agama yang berlaku bagi seluruh umat kapanpun dan dimanapun. Sesuai dengan firman Allah dalam al-qur`an surat An-Nurayat 31, yang artinya sebagai berikut:

Imam Ali Ash-Shabuni menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang wanita muslim dalam berbusana yang sesuai dengan ajaran agama, yaitu dapat menutupi seluruh aurat, tidak terbuka tertutup sesuai dengan perintah Nabi. Bahan yang digunakan untuk membuat baju tersebut haruslah tebal dan tidak transparan. Hal ini dilakukan agar seluruh auratbenar-benar tersembunyi dan tidak terlihat.

Selanjutnya adalah pakaian tersebut tidak terlalu mencolok dan menarik perhatian, karena dengan menggunakan pakaian yang mencolok dapat mengundang pandangan laki-laki sehingga menimbulkan hawa nafsu. Tidak terlalu ketat sampai menampakkan lekukan tubuh. Tidak diberi parfum karena dapat mengundang birahi lawan jenis.

Model baju muslim diharapkan lebih bisa menutup aurat wanita agar tidak terkesan bahwa menggunakan jilbab hanya sebagai fashion dan gaya berbusana yang sedang hits. Namun juga sebagai kepatuhan terhadap ajaran agama. Apabila wanita muslim menggunakan jilbab sudah menambah kecantikan mereka dari dalam hati, tanpa harus menggunakan busana yang berlebihan. Oleh karena itu sebaiknya lebih selektif lagi memilih baju muslim yang seharusnya dikenakan agar tidak keluar dari aturan agama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *