November 29, 2022

Review Beberapa Bank Digital

Bank digital kini kian menjamur, banyak alasan kenapa bank digital ini akhirnya booming. Mulai dari kemudahan mendaftar hingga beragam cashback pada saat pertama kali mendaftar.

Saya sendiri cukup tertarik menggunakan beberapa bank digital. Berikut rangkuman bank digital yang prnah saya gunakan dengan berbagai macam kekurangan dan kelebihannya.

  • BTPN Jenius
Debit Jenius BTPN
Debit Jenius BTPN

Bank ini¬† mungkin menjadi salah satu pelopor menjamurnya bank digital di Indonesia atau bisa disebut ini “mbahnya” bank digital. Pendaftarannya cukup mudah, namun semakin kesini saya merasa bank digital yang satu ini mulai kurang promo.

Hal lain ketika bank digital lain berlomba “bakar uang” untuk menarik minat pelanggan baru, jenius BTPN ini malah menerapkan feesible. Hadirnya feesible ini juga menuai pro dan kontra di kalangan pengguna. Saya rasa Jenius kehilangan banyak pelanggan dengan kebijakannya ini.

Namun masih banyak juga pengguna setia BTPN Jenius ini karena meskipun ada feesible senilai sepuluh ribu rupiah namun ada banyak fitur yang bagus semacam free admin transfer beda bank, pinjaman flexicash, hingga rate mata uang asing yang bagus.

  • Permata Me

Permata Me memiliki kelebihan unlimited transfer antar bank. Kamu tidak dibatasai dana mengendap untuk menikmati fasilitas ini. Kekurangannya hanya tabungan ini tidak memberikan bunga dan kamu harus memiliki saldo senilai satu juta rupiah agar bisa tarik tunai di ATM bank manapun. Jadi jika kamu memiliki saldo 5 juta rupiah, maka untuk menikmati gratis tarik tunai kamu harus ninggalin saldo  juta.

Kekurangannya, meskipun bank digital beberapa komplain kamu harus tetap datang ke cabang terdekat. Terakhir saya harus datang ke cabang karena rekening saya dalam posisi dormant.

  • TMRW by UOB

TMRW memiliki fasilitas mirip permata Me, diantaranya free transfer antar bank unlimited tanpa dana mengendap dan tarik tunai gratis di ATM bank manapun selama kamu meninggalkan saldo senilai 1 juta rupiah.

Kelebihan lainnya, segala komplain bisa kamu lakukan hanya dengan fasilitas chat yang disediakan di aplikasinya. Terakhir saya mencoba menutup kartu kredit TMRW saya hanya berbekal fasilitas chat saja tanpa telepon. Respon customer servicenya juga cukup baik dan cepat.

Kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo di bank TMRW ini, untuk promonya sendiri berganti-ganti tergantung event yang sedang berjalan di bulan ini. Selain itu kamu tidak dikenakan biaya admin jika membayar tagihan.

Kekurangan TMRW ini terletak pada kartu debitnya yang masih GPN, jadi kamu tidak bisa berbelanja online. Kecuali kamu juga memperoleh fasilitas kartu kredit.

  • Bank Jago

Bank digital yang satu ini sepertinya sama seperti Jenius, saya belum menemukan keunggulan yang berarti dibandingkan dengan bank-bank digital lain. Namun kamu bisa memanfaatkan kartu debitnya untuk berbelanja online.

  • Line Bank

Seperti TMRW kamu tidak akan dikenakan biaya admin jika membayar tagihan. Selain itu kartu debitnya support untuk berbelanja online. Ditambah saya memperhatikan banyak promo Line Bank bertebaran di merchant-merchant online.

Kekurangannya, meskipun didukung dengan free admin pembayaran tagihan namun pembayaran yang disupport masih sangat minim.

  • Neobank dan Seabank

Untuk bank digital satu ini jelas menang di bunga deposito yang cukup tinggi dibandingkan dengan bank-bank lain.

Kekurangannya, bank digital satu ini tidak dibekali dengan kartu debit.

  • Blu

Bank digital satu ini cocok digunakan sebagai backup jika bank utama kamu menggunakan BCA. Karena tranfer dari BCA ke Blu tidak dikenakan biaya transfer. Kemudian dari blu bisa kamu transfer lagi ke bank lain.

Kekurangan bank ini tidak memiliki kartu debit dan harus mengendapkan saldo satu juta untuk menikmati 20 kali free transfer ke semua bank.

Demikian sedikit review mengenai beberapa bank digital yang saya gunakan. Pengalaman diatas adalah yang saya rasakan, mungkin bisa berbeda dengan pembaca sekalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *