September 25, 2020

Belanja Online? Perhatikan Kurirnya

Beberapa saat yang lalu saya memesan Iphone 6 untuk istri saya melalui toko online MatahariMall. Semua proses berjalan lancar, hanya saja saya sempat kurang yakin ketika MatahariMall malah mempercayakan pengiriman ke Red Carpet Logistic.

Entah Mataharimall atau Erafone yang bermitra dengan pengiriman barang tersebut. Namun saat melihat kata RCL, itu adalah sebuah kata yang asing bagi saya untuk sebuah pengiriman barang pada umumnya.

Benar saja ketika saya mengirim email ke CS RCL, jawabannya paket saya sudah dilempar ke pengiriman NInja Xpress. Lagi-lagi sebuah jasa pengiriman yang tidak familiar di area kota kecil di Jawa Tengah (Wonosobo).

Ketika mengunjungi fanspage milik Ninja Xpress yang ada hanyalah keluhan konsumen yang isinya menanyakan kapan paket mereka dikirim. Jadi saya tarik kesimpulan, bahwa pegiriman paket di Ninja Xpress hanyalah di hari-hari tertentu saja. Tentunya hal ini bisa membuat pengiriman lebih lama lagi.

Sedikit saran bagi Mataharimall maupun merchant lainnya, kerjasamalah dengan jasa pengiriman yang umum dan memiliki jangkauan luas. Paling tidak hal ini mengurangi paket customer “dilempar” kesana-sini.

Contoh kecil ketika saya berbelanja menggunakan BLIBLI mereka menggunakan jasa POS Indonesia yang jelas memiliki banyak jangkauan. Atau ketika saya menggunakan Shopee mereka mempercayakan pengiriman ke JNT atau JNE (promo free ongkir mereka).

Kepercayaan pelanggan harusnya menjadi yang utama. Apalagi dalam hal ini saya membayar jasa pengiriman, bukan memanfaatkan promo free ongkir seperti saya menggunakan Shopee. Saya akan maklum jika saya menggunakan promo free ongkir kemudian paket saya dilempar kesana-sini.

Kalaupun protes yang ada hanyalah jawaban sesuai di ketentuan mereka bahwa :

Total waktu barang sampai ke tangan saya adalah sekitar 6 hari. Dimana paling lama 3 hari berhenti di Yogyakarta.

Jadi sebelum berbelanja hati-hati dengan kurir yang digunakan toko online tersebut.

3 thoughts on “Belanja Online? Perhatikan Kurirnya

  1. wkwk.. mampir kesini gara2 beli barang di MM tp ga sampai sampai..

    cek di RCLtgl 17 dah sampai Surabaya,
    dari tgl 18 statusnya udah On Vehicle for Delivery tp sampai sekarang belum datang di Magetan..

    Curiga kalau nanti dioper juga..

    Btw aku sering pake NinjaXpress, pengiriman cepet kok sama aja dg JNE, J&T ataupun Tiki..
    yang parah tu Ark Express, lama banget! seminggu lebih 🙁

  2. mampir kesini sama… karena gogling” gara gara belanja mm gak sampai sampai,,, padahal udah banyak yang protes tetep aja pakai sampai ,,,jasa pengiriman itu .Diprotes jawabannya karena antuasme pelanggan terus jasa estimasi(Bukan nya meperbaiki sistem nya gimana cara barang cepat sampai ke pelanggan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *