July 27, 2021

Mengurus Nomor XL Axiata Yang Hilang

Kehilangan nomor utama memang sangat menyebalkan, apalagi jika nomor tersebut sudah terhubung dengan perbankan pasti verifikasinya lebih sulit lagi.

Menilik 5 tahun ke belakang, di Wonosobo Jawa Tengah untuk mengurus kartu hilang Telkomsel harus menyebutkan minimal 5 nomor yang pernah dihubungi dan terakhir kapan mengisi pulsa dengan nominalnya.

xl center magelang

Untuk XL Axiata kami di Wonosobo harus mengurus di Magelang, untuk 5 tahun ke belakang tersebut masih cukup mudah karena jika KTP sesuai dengan pendaftaran langsung dibuatkan nomor baru. Jika nomor bukan atas nama anda aka nada sedikit verifikasi sama seperti Telkomsel yaitu menyebutkan nomor yang sering dihubungi.

Hal yang harus disiapkan untuk nomor XL Axiata Hilang

Sekarang ini jika anda kehilangan nomor XL dan harus mengurus nomor baru, anda harus mempersiapkan data 10 nomor yang sering dihubungi (biasanya bisa minimal 3), paket data yang terakhir dibeli dan nominal pulsa yang dibeli beserta tanggalnya dan terakhir device/ponsel apa yang anda gunakan.

Yang pasti tidak boleh ada yang kurang dari verifikasi tersebut, karena anda bisa ditolak dan disuruh pulang untuk mengingat nomor yang sering anda hubungi.

Verifikasi dengan menyebutkan nomor yang sering dihubungi memang cukup relevan untuk 5 tahun kebelakang, namun untuk tahun 2020-2021 saya yakin kebanyakan orang lebih banyak bertelpon ria menggunakan Whatsapp.

Bagi XL memang cukup sulit harus melepas SOP yang ketat tersebut, mengingat operator sebelah Indosat pernah gempar di berita karena meloloskan orang yang membawa KTP atas nama pemilik dan memberikan ganti nomor yang hilang. Ternyata malah membobol rekening si pemilik asli.

Lalu bagaimana solusinya?

Anda tetap harus mengingat nomor yang anda hubungi, kapan isi pulsa dan data. Atau anda harus mengganti nomor baru lagi dan merelakan nomor lama anda. Tentu repot jika nomor tersebut sudah terkoneksi dengan banyak orang dan banyak bank.

Bagaimana jika nomor hangus?

Biasanya XL Axiata akan memberikan anda kesempatan untuk “menghidupkan” nomor tersebut. Atau biasanya ditawari pindah ke Pascabayar mereka XL Prioritas.

Selama masa pandemi covid-19 XL juga menawarkan pelayanan ganti kartu secara online yang nantinya anda akan diverifikasi melalui video call dan nomor bisa diambil ke di XL Center terdekat.

Anda bisa mengakses ke laman https://prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center

Ke depan semoga untuk verifikasi seperti ini, semua operator terhubung dengan Dukcapil, sehingga verifikasi cukup melalui sidik jari saja tanpa data lain. “eman-eman” data yang dulu dikumpulkan melalui E-ktp hanya buat pajangan saja tidak bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *