JNE Yang Mulai Lambat

Dulu jaman marketplace masih hanya di kaskus, JNE merupakan andalan saya dalam mengirimkan paket. Selain memang saingannya pada saat itu TIKI termasuk lambat dan banyak potongan administrasi.

Di tahun 2017-2018 dimana marketplace mulai promosi pengiriman gratis besar-besaran, JNE termasuk masih cepat dibandingkan pesaingnya di kota saya. Untuk pengiriman dari Jakarta umumnya akan sampai dalam 2 hari. Contoh kirim tanggal 1 akan sampai tanggal 3.

Tahun 2019 ini saya merasakan pengiriman JNE di wilayah saya mulai melambat. Jika biasanya hanya 2 hari kini bisa mencapai 3 hari. Contoh barang dikirim tanggal 1 baru akan sampai di tanggal 4.

Analisa Lambatnya JNE

Analisa saya untuk pengiriman ke wilayah di kota saya ada lowong sekitar 1 hari. Jika biasanya tidak ada lowong, kini paket akan ngendon di Jakarta (Received At Origin gateway). Dulu biasanya paket sudah sampai di Magelang (Agen besar terdekat dengan lokasi saya tinggal).

Untuk pengiriman dari sub agen (Wonosobo) ke penerima selama ini tidak ada masalah yang berarti selama paket datang tidak di malam hari.

Meskipun secara peraturan memang masih sah (mereka menargetkan untuk paket reguler 3-4 hari), namun menurut saya ini adalah penurunan bagi jasa pengiriman JNE. Beberapa kali saya menggunakan jasa JNE dan mengalami hal yang sama.

Untuk beberapa marketplace saya memilih menghindari pengiriman menggunakan JNE jika terburu-buru. Meskipun masih menjadi pilihan juga ketika santai. Hal ini mungkin dikarenakan biaya pengiriman JNE masih tergolong rendah dibandingkan pesaingnya J&T.

Analisa lainnya mungkin untuk menekan biaya, mereka mengisi mobil paket mereka dengan paket dulu (agar tidak dua kali kirim).

Kesimpulan

Bekerja di dunia pelayanan memang sering menjadi serba salah. Paket telat, customer komplain apalagi bagi mereka yang bergantung dari berjualan online. Semoga JNE ke depan lebih memperbaiki pelayanan pengiriman mulai dari kecepatan dan ketepatan pengiriman, hingga cara bagaimana paket tidak remuk saat sampai di tangan penerima.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *