December 6, 2021

Mata Uang Virtual Selain Bitcoin, Apa Saja?

Bitcoin adalah mata uang virtual atau digital yang sudah cukup dikenal dan populer di Indonesia. Sebagai bentuk investasi Bitcoin memang dirasa menguntungkan dan cara mendapatkannya juga mudah sehingga tidak heran banyak anak muda yang menggemarinya. Namun sebenarnya masih ada mata uang virtual selain Bitcoin yang juga menjanjikan nilai keuntungan lumayan.

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency atau mata uang kripto yang mulai banyak dilirik orang sebagai instrumen investasi. Bitcoin bukan hanya bisa disimpan dan diperjualbelikan layaknya instrumen investasi pada umumnya tapi juga dapat dipakai sebagai pembayaran transaksi online. Nah, ternyata bukan hanya Bitcoin saja mata uang kripto yang layak dilirik sebagai investasi karena ada jenis lainnya.

Mata Uang Virtual Selain Bitcoin yang Populer

Penasaran apa saja mata uang kripto yang prospeknya tidak kalah bagus dari Bitcoin dan bisa menjanjikan keuntungan lumayan buat kamu? Cek di bawah ini daftarnya.

  1. Ethereum (ETH)

Kelebihan dari koin kripto ETH ini adalah kemudahan dalam pencairan dananya bahkan bisa dikatakan paling mudah jika dibandingkan jenis lainnya. Selain itu ETH menggunakan sistem smart contract yang memungkinkan para developer atau pengembang platform untuk membuat aplikasinya. ETH menjadi aset kripto terpopuler nomor dua setelah Bitcoin dan memiliki nilai kapitalisasi pasar yang cukup tinggi saat ini yaitu sekitar USD 53 miliar.

  1. Ripple (XRP)

Koin kripto dengan prospek pasar yang bagus selanjutnya adalah Ripple (XRP) dimana nilai kapitalisasi pasarnya sebesar USD 59 miliar setara dengan sekitar Rp. 823,8 triliun. Kamu bisa membeli RXP sekarang mumpung harganya masih relatif murah yaitu sekitar USD 0,5 atau Rp. 7 ribuan saja.

  1. Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC) dikembangkan oleh seorang bekas karyawan Google yaitu Charles Lee dan mulai berada di bursa sejak tahun 2011 lalu. Waktu transfer LTC lebih cepat jika dibandingkan Bitcoin dan merupakan cryptocurrency pertama yang memakai scrypt sebagai sistem keamanannya. Harga LTC saat ini adalah sekitar USD 107 atau setara dengan Rp. 1,5 jutaan per koin.

  1. Binance Coin (BNB)

Selanjutnya ada Binance Coin (BNB) yang telah berhasil menyerap pasar hingga 4% dan memiliki pertumbuhan harga yang sudah mampu mengalahkan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETC). Lebih dari itu menurut data yang ada disebutkan bahwa nilai nominal dari BNB ini terus saja mengalami kenaikan.  Harga koin BNB saat ini sekitar Rp. 6.918 atau diistilahkan dengan BNB IDR yaitu nilai konversi aset kripto ke dalam Rupiah.

Anda bisa membeli BNB di platform exchange terpercaya seperti Tokocrypto. Melalui Tokocrypto, Anda bisa melakukan transaksi berbagai mata uang virtual dengan cepat, mudah, dan juga aman.

Cara Trading Aset Kripto

Bagaimanakah cara untuk mendapatkan ataupun trading aset kripto tersebut agar kamu bisa mendapatkan keuntungan? Kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui aplikasi di Android yaitu Tokocrypto dan lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buat akun dengan membuka aplikasi Tokocrypto lalu lakukan registrasi dan KYC hingga prosesnya selesai.
  2. Lakukan deposit dalam Rupiah kemudian pilihlah jenis aset kripto yang diinginkan.
  3. Pilih jenis aset kripto dan mempelajari grafik atau chartnya.
Tips Trading Aset Kripto untuk Pemula

Lalu bagaimanakah trading kripto yang benar supaya bisa mendapatkan keuntungan optimal? Simak tipsnya berikut ini.

  1. Jangan gunakan semua uang untuk trading kripto karena dana kamu bisa saja habis kalau tidak mempergunakan pertimbangan yang tepat. Pelajari dulu seluk beluknya dan mulailah dari website gratis yang disediakan untuk belajar para trader pemula.
  2. Mulai dengan Bitcoin, meskipun jenis lainnya juga tidak kalah menguntungkan tapi hingga saat ini BTC dinilai relatif menguntungkan dalam jangka pendek maupun panjang bagi pemula.
  3. Hindari investasi buta tanpa mempelajari lebih dulu aset kripto yang dipilih.
  4. Jangan serakah dengan tujuan ingin cepat menjadi kaya melalui investasi aset kripto.

Itulah pembahasan singkat tentang jenis mata uang virtual selain Bitcoin yang tidak kalah nilainya dan bisa dijadikan sebagai investasi menguntungkan. Jadi, mata uang virtual manakah yang menarik perhatian Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *