Membandingkan Fitur Bank Yang Saya Gunakan

Memiliki rekening bank lebih dari satu sudah menjadi jamak bagi semua orang. Terlebih jika anda seorang pengusaha atau pemilik toko online, saya yakin anda memiliki rekening bank banyak. Meskipun sekarang sudah ada flip.id yang membantu saya transfer beda rekening.

Sebenarnya saya memiliki rekening lebih dari satu memang bukan suatu kesengajaan. Repotnya saya kadang ditawari asuransi dari beberapa bank, yang paling gencar sendiri adalah BCA, Mandiri, dan CIMB. Untuk BRI saya belum mengalami.

Berikut sedikit ulasan fitur bank yang saya miliki:

  1. Bank Mandiri
sumber gambar: mandiriargo.blogspot.com

Pertama kali saya menggunakan rekening bank ini hanya untuk menerima transferan dari orang tua saja. Saya sendiri memilikinya sejak tahun 2005. Kelebihan dari bank ini adalah: banyak ATM dan EDC yang tersedia luas. Kekurangannya buka rekening minimal 500 ribu dan harus meninggalkan uang sejumlah 100 ribu rupiah. Cukup besar untuk orang seperti saya. Untuk Wonosobo sendiri biasanya kantornya antri panjang pada tanggal-tanggal tertentu. Fasilitas e-banking cukup baik dan lengkap.

  1. Bank CIMB
Bank CIMB Niaga

Saya menggunakan rekening ini karena fitur yang ditawarkan cukup menarik. Saya menggunakan jenis CiMB XL On Account. Fiturnya cukup menjanjikan, diantaranya gratis transfer ke semua bank di Indonesia dan pembayaran tagihan XL pascabayar. Untuk mendapatkan fitur ini saya cukup menahan uang saya senilai 1 juta (untuk free transfer) dan 5 juta (untuk pembayaran tagihan XL pascabayar sampai dengan 150 ribu per bulan). Kekurangannya jaringan ATM dan EDCnya tidak begitu luas, namun masih terbantu karena tarik tunai di bank selain CIMB juga gratis. Saya menggunakan fasilitas ini untuk membackup jika flip.id mengalami gangguan. Fitur e-banking cukup baik meskipun kadangkala terjadi gangguan.

  1. Bank BCA

Melengkapi rekening yang ada, saya akhirnya membuka rekening BCA. Hal ini karena beberapa customer saya hanya memiliki rekening BCA untuk transfer. Saya sering menggunakannya untuk transaksi online. Kelebihannya fitur e-bankingnya jarang error, kekurangannya karena nasabahnya banyak jadi sering antri, makanya sering ada singkatan nyleneh, kalau BCA itu Bank Capek Antri.

  1. Bank BRI

Sebenarnya saya sudah cukup malas membuka rekening bank lagi, namun karena perubahan payroll kantor yang menggunakan Bank BRI saya akhirnya membuka satu rekening bank lagi. Bank sejuta umat ini memiliki kelebihan ATM dan EDC yang cukup baik, hampir sama dengan Bank Mandiri. Namun kekurangannya tidak diimbangi dengan e-banking yang baik. Saya sering mengalami kesulitan akses (lemot) saat akses internet banking-nya. Tentunya anda juga ingat kasus skimming ATM yang melanda beberapa nasabah BRI beberapa waktu yang lalu?

Saya juga mengira bank sejuta umat ini sering mengalami ketinggalan fitur dari beberapa bank lain. Bahkan untuk internet banking juga baru diluncurkan belum lama.

Customer Service

Untuk CS di keempat bank tersebut saya rasa juga baik dalam melayani. Pada waktu membuka keempat rekening tersbut saya juga dibantu mengaktifkan internet bankingnya. Apalagi masa saat ini, tidak mungkin cuma ingin transfer dan cek saldo kita harus ke ATM terlebih dahulu. Bahkan dengan maraknya cashless saat ini mungkin beberapa tahun kedepan peran ATM juga tidak terlalu banyak lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *