Tips Merawat Kamera DSLR

Di jaman yang modern ini, sudah banyak orang yang mengabadikan moment dengan kamera dslr. Selain itu banyak juga yang mengabadikannya lewat ponsel pribadi. Semakin sering moment yang diabadikan, seperti misalnya jika Anda hendak makan, pasti kebanyakan dari kita mengambil gambar dahulu hidangan yang dipesan. Setelah itu foto tersebut diabadikan dan di posting ke sosial media. Sepertinya hal ini sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia sebelum makan. Kebiasaan berdoa sebelum makan berubah menjadi kebiasaan memfoto sebelum makan.

Kamera yang kita kenal kian marak dipasaran, karena kini bukan hanya kamera digital yang menyediakan hasil foto yang berkualitas. Anda juga sudah bisa memfoto moment dengan ponsel pribadi, namun hasil tangkapan gambar kalah dengan kamera digital yang dijual dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan handphone. Karena ada harga juga ada kualitas. Kamera digital memang dikhususkan kegunaannya untuk menangkap gambar, lain dari handphone yang fungsinya bermacam-macam, jadi tidak ada spealisasi pengambilan foto yang berkualitas pada ponsel Anda.

Jika Anda telah membeli kamera dslr , maka harus bijak dalam penggunaan dan juga cermat dalam merawat. Dengan cara merawat yang benar dapat memperpanjang umur kamera. Berikut cara merawat kamera dengan benar antara lain:

  • Hindari kamera dari bahan apapun yang termasuk cairan. Karena cairan dapat membuat kamera menjadi lembab dan dapat merusak isi di dalamnya.
  • Jagalah kebersihan dari lensa kamera Anda, semprotkan cairan pembersih ke lap khusus lensa kamera yang dapat dibeli toko-toko besar, lalu usapkan secara perlahan ke permukaan lensa.
  • Sebelum Anda melepas baterai pada kamera, matikanlah terlebih dahulu agar arus listrik tidak terhentak akibat pelepasan baterai yang mendadak.
  • Tempatkan kamera pada ruangan yang sejuk dan dalam suhu kamar, jangan pernah menaruh didalam mobil yang terkena langsung paparan sinar matahari. Karena suhu panas dapat mengakibatkan gangguan pada komponen kamera.
  • Jika ada bagian seperti tombol pada kamera Anda yang macet, jangan dicoba tekan secara paksa, segera bawa kepada ahlinya.

Merawat barang elektronik sama hal nya dengan tubuh jika Anda selalu merawat dengan berolahraga , makan makanan yang empat sehat lima sempurna serta didukung oleh vitamin, maka tubuh lebih tahan lama sehatnya. Begitupun dengan kamera, jika dirawat dengan sangat baik, dipastikan umurnya akan lebih lama dan performanya akan seperti sama dengan barang yang masih baru.

Maka dari itu jagalah kebersihan dan rawatlah sebaik mungkin kamera dslr Anda. Dan perhatikan kemana saja Anda membawanya, jangan sampai tertinggal atau lupa menaruh dimana, karena hal tersebut sangat merepotkan. Dengan harganya yang mahal jika hilang dalam waktu sekejap dapat mengakibatkan perasaan yang sangat takut. Maka jaga benar-benar kamera Anda, dari segi keamanan, kebersihan dan perawatannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *