July 25, 2021
OOT

Pengalaman Memelihara Kura Kura Brazil

Apa Itu Kura-Kura Brazil?

Sebenarnya kura-kura brazil itu bukan berasal dari brazil, entah mengapa dinamai spserti itu yang jelas kura-kura ini berasal dari Amerika Selatan (mungkin karena brazil berada di Amerika Selatan sehingga dinamai seperti itu.

Kura kura brazil memiliki ciri khas, yaitu memiliki semburat merah di telnganya. Tidak heran kura kura ini juga memiliki nama lain red-ear slider.

Mengapa Saya memilih Kura-Kura Jenis Ini?

Kura-kura ini selain memiliki daya tahan hidup yang sangat bagus, harganya juga sangat murah. Untuk anakan biasanya paling mahal hanya 30 ribu. Dewasa kisaran 200-300 ribu.

Perawatannya juga tergolong mudah tidak seribet kura-kura darat. Makanannya juga tergolong murah meriah, saya hanya memberikan pellet ikan Takari yang harganya cuma 5 ribu dimana pellet tersebut bisa bertahan sampai 1 bulan untuk baby kura-kura saya.Sesekali saya selingi dengan cacing beku yang harganya kisaran 10 ribu rupiah saja per platnya.

Tips memelihara

  1. Siapkan lampu UVA UVB

Siapkan lampu ini jika tempat anda tinggal seperti tempat saya Wonosobo yang dingin. Karena kura-kura membutuhkan panas sekitar 25-30 derajat. Kura-kura butuh juga dijemur di sinar matahari langsung sekitar 15 menit saja.

Namun lampu ini cukup membantu, jika lokasi tempat anda tinggal sering mendung dan dingin. Atau anda hanya bisa menjemur beberapa kali saja dalam seminggu.

  1. Filter Air

Untuk yang satu ini sifatnya tidak wajib, jika anda tidak memiliki bisa ganti 2 kali sehari seperti yang saya lakukan. Mengapa air harus bersih? Sebenarnya kura-kura ini sangat kuat di air kotor, namun biasanya cangkangnya akan berjamur yang membuat kura-kura jenis ini akan mogok makan.

  1. Membersihkan Cangkang

Bersihkan cangkang kura-kura minimal seminggu sekali menggunakan sikat gigi. Karena hidup di air, biasanya kura-kura jenis ini bisa berjamur atau berlumut cangkangnya.

  1. Makanan

Berikan makanan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Untuk baby saya biasanya memberikan 2 kali sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa 3 hari sekali. Makanannya cukup beragam mulai dari cacing beku, jangkrik, cacing tanah, ikan kecil, atu cukup hanya pellet ikan/kura saja. Semua itu cukup mudah kok untuk didapatkan

  1. Tempat Berjemur

Meskipun bisa hidup di air, namun kura-kura membutuhkan tempat untuk mengambil nafas. Anda bisa sediakan basking untuk kura-kura jenis ini untuk sekedar mengambil atau berjemur.

  1. Jangan terlalu sering dipegang

Untuk baby jangan terlalu sering dipegang, karena bisa saja nanti stres dan mati.

  1. Cuci Tangan

Jangan lupa cuci tangan setelah memegang kura-kura, karena biasanya kura kura mengandung bakteri salmonella.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *