Awas Penipuan Jual Beli Kendaraan Bermotor

penipuan kendaraan 1

Setelah selama ini kita lihat toko online barang elektronik abal-abal bertebaran di sosial media semacam Facebook. Kali ini saya melihat penjual kendaraan bermotor abal-abal berkeliaran juga di sosial media.

Kita harus waspada karena melihat harga yang dipajang adalah harga yang sangat tidak masuk akal. Contoh kecil  mobil Avanza Velos 2013 dijual hanya dengan harga Rp 25.000.000.-

Dalam threadnya seringkali mereka mengaku bahwa kendaraan bermotor yang mereka jual adalah motor dengan yang hanya dilengkapi dengan STNK tanpa BPKB. Namun dengan janji manisnya mereka menjamin bahwa kendaraan tersebut aman dan bukan barang bermasalah.

Lebih parah lagi mereka menjanjikan bahwa motor tersebut bisa diperpanjang pajaknya. Bagaimana mau diperpanjang STNK-nya lha BPKB saja tidak ada.

Sebenarnya sangat mudah bagaimana bias kita menyebut mereka penipu, berikut ulasannya:

  1. Motor Tidak Ada BPKB hanya ada STNK

Hindari pembelian motor tanpa adanya kelengkapan surat-suratnya. Kalaupun ada suratnya ada baiknya anda juga mengecek keaslian dokumen tersebut. Ada beberapa cara mencocokkan kendaraan dengan dokumen kepemilikan. Kita bisa cek melalui SAMSAT terdekat, atau sebelumnya cek menggunakan SMS atau website SAMSAT, apakah data kendaraan sesuai.

Meskipun telah sesuai anda juga jangan terlena, bisa saja dokumen tersebut aspal. Anda dapat ke kantor Samsat terdekat untuk mengecek keaslian dokumen kepemilikan kendaraan.

  1. Gambar Comot Dari Google

Sedikit contoh salah satu thread yang dibuat sang penipu ternyata gambarnya asal comot dari Google. Namun lucunya mereka memperingatkan pembeli untuk berhati-hati dengan penjual yang mencomot gambar kendaraan dari Showroom.

penipuan kendaraan google

  1. Harga di Luar Akal Sehat

Jelas harga diluar pasaran ada baiknya anda pikir lagi untuk membeli kendaraan tersebut. Bisa jadi biarpun kendaraan tersebut ada, bisa saja kendaraan tersebut memiliki kerusakan di dalamnya.

  1. Menjanjikan Janji-Janji Surga

Jangan pernah percaya janji-janji penipu. Salah satu janji yang mungkin bikin anda tertawa saat membaca bahwa kendaraan yang dijualnya dimana kendaraannya hanya ada STNK kok bisa membayar pajak tahunan, sangat di luar nalar tentunya.

  1. Tidak mau COD

Kebanyakan penipu tidak mau COD (Cash On Delivery)  untuk barang dagangannya. Untuk kendaraan bermotor ada baiknya anda mengecek kondisi sebelum membelinya. Lha yang COD saja masih suka tertipu dengan kondisi mesin kendaraan, apalagi yang tidak mau COD.

Gambar-gambar diatas mungkin hanya contoh saja, karena bukan tidak mungkin nantinya akan ada modus-modus baru penipuan baru. Jadi tetap waspada ya mas bro.

Incoming search terms:

  • resiko motor tanpa bpkb
  • https://aryoseno com/awas-penipuan-jual-beli-kendaraan-bermotor/
  • motor tanpa bpkb
  • bahaya motor tanpa bpkb
  • motor tanpa stnk
  • bpkb only penipuan
  • mobil tanpa bpkb tapi ada stnk
  • beli motor tanpa bpkb

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *