December 5, 2020

Awas Penipuan SMS Mengatasnamakan Brankas Kaskus

Sebagai salah satu seller di forum terbesar Indonesia, Kaskus mungkin anda pernah menggunakan fasilitas rekening bersamanya yang diberi nama Brankas. Semenjak sering terjadi penggelapan dana oleh beberapa Rekber (Rekening Bersama) akhirnya Kaskus secara resmi menghadirkan Rekber sendiri dimana dana dijamin aman oleh pihak Kaskus sendiri.

Rekening bersama sendiri menjembatani antara pembeli dan penjual agar tidak terjadi penipuan yang marak sekarang ini. Jadi seolah uang dititipkan di jasa Rekber untuk kemudian diteruskan ke seller jika barang tidak ada masalah atau komplain lagi  dari pembeli.

Dengan fasilitas ini pembeli tidak perlu was-was lagi barang yang dibeli tidak dikirim atau barang KW diklaim ori dan berbagai masalah jual beli lainnya.

Kemarin tanggal 19 Oktober 2016 kebetulan ada pembeli balance paypal milik saya. Yang mencurigakan tiba-tiba buyer tanpa konfirmasi menggunakan jasa Brankas Kaskus. Setelah saya cek melalui account Kaskus ternyata tidak ada uang masuk di saldo Brankas saya.

screenshot_2016-10-19-12-49-21-967_com-whatsapp

Dengan dalih brankas yang dia lakukan hanya bisa dilakukan via SMS disitu saya mulai curiga dan mencari nomor ponsel pembeli tersebut dan Viola muncullah sebuah thread yang mengindikasikan pembeli merupakan penipu ulung menggunakan fasilitas SMS Masking.

screenshot_2016-10-19-12-43-33-540_com-android-mms

screenshot_2016-10-19-12-41-32-361_com-android-chrome

Jadi Kaskus sendiri tidak mengaktifkan fitur pemberitahuan atau notifikasi Brankas melalui SMS. Namun akan dikabarkan melalui email dan PM. Serta saldo brankas anda juga akan bertambah.

Tips jual beli dari saya jangan terlalu terburu-buru dalam bertransaksi khususnya seller barang ghaib semacam saldo paypal, pulsa operator, dan sebagainya. Jika anda ragu ada baiknya hubungi customer service marketplace bersangkutan atau batalkan transaksi jika anda masih tidak yakin.

Btw, sms masking ini juga biasa digunakan oleh penipu untuk sms pemenang berhadiah. Untuk pemenang hadiah anda tidak akan dihubungi via SMS, namun melalui telepon dan anda diarahkan membaca pengumuman via koran atau website resmi. Satu lagi, biasanya pemenang tidak akan ditarik pajak apapun karena sudah ditanggung penyelenggara.

 

2 thoughts on “Awas Penipuan SMS Mengatasnamakan Brankas Kaskus

  1. Kejadian juga menimpa ane gan, 13 Juli 2017, ane juga dapat SMS masking
    ada yang beli pulsa XL ke ane , notifnya sama via SMS, dan sendernya juga Kaskus, berhubung ane masih newbie dan ane yakin resmi karena sendernya aja kaskus, yaudah ane isiin aja pulsanya nominla 500.000 amsyong gan, ternyata setelah ane konfirmasi ke kaskus efektif per oktober 2016 kaskus udah ga ada notofikasi jual beli antara seller dan buyer via SMS, ngeri gan

    yang jadi pertanyaan ane, ko brand sebesar KASKUS bisa dibajak seenaknya aja, feeling ane sih ini kejahatan dari internal kaskus nya sendiri.

    entahlah, ane jadinya kurang respect sama kaskus .

  2. Saya rasa bisa jadi itu dari penyedia sms maskingnya sendiri yang melakukan aksi penipuan. contoh situs penyedia sms masking penipu smsmasking.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *