June 24, 2021

Pengalaman Octoclick Terblokir

Apa itu Octoclick?

Octoclick merupakan layanan internet banking milik Bank CIMB Niaga. Untuk ponsel biasanya ada octo mobile. Sejatinya Octoclick sendiri merupakan perubahan dari Cimb Click jaman dulu.

Perubahan mendasar cimbclick dan octoclick terletak pada jumlah layanan dan detail yang lebih baik. Meskipun terasa sedikit berat saat loadnya, namun layanannya sangat membantu.

Terlalu banyak password membuat saya sering lupa detail password, selain itu saya juga memiliki sekitar 4 layanan internet banking dari bank berbeda. Tentunya saya menggunakan password yang berbeda-beda.

Akhirnya karena tidak lolos memasukkan password 3 kali layanan octoclick saya terblokir. Octoclick ini tidak bisa dibuka tanpa anda menelpon customer service atau datang langsung ke cabang terdekat.

Yang Harus Disiapkan

Beberapa pertanyaan rahasia yang diajukan yaitu kenapa terblokir, transaksi terakhir, nama lengkap, alamat, hingga nama ibu kandung.

Kenapa harus Telepon?

Nah, kenapa harus lewat telepon? Nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP yang terhubung dengan layanan.

Pertama saya hanya memasukkan PIN ATM saja, selanjutnya akan diberikan kode kedua yang dikirim ke nomor ponsel sebagai verifikasi.

Inilah sistem keamanan berlapis yang diterapkan CIMB Niaga agar tidak ada “penyusup” di sistem banking mereka.

Bagaimana Jika Nomor Telepon Hangus

Jadi pastikan nomor ponsel yang terhubung banking anda aktif dan anda ingat nomor PIN ATM anda. Bagaimana jika lupa? Anda datang saja ke cabang terdekat membawa KTP. Karena dulu saya pernah datang ke cabang hanya dimintai KTP Asli saja (karena saya menggunakan On Account sehingga tidak ada buku tabungan).

Ada cerita juga saya menggunakan HP dual sim dimana saya menelpon menggunakan nomor yang tidak terhubung ke bank, jadi saya tidak mendapatkan kode karena tipe HP dual sim jika digunakan menelpon sim lainnya akan mati (tidak dapat dihubungi baik SMS/telepon).

Jadi itulah kenapa kita tidak bisa membuka layanan octoclick yang terblokir lewat layanan customer seperti email atau twitter.

Selain itu jika layanan octoclick terblokir, layanan octo mobile tidak terblokir. Selain itu anda juga masih bisa bertransaksi melalui ATM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *