Mengulas Xiaomi Mi4i: Gadget Untuk Budjet Menengah

xiaomi mi4i

Xiaomi, produsen handset Cina akhirnya memutuskan untuk meluncurkan ponsel terbarunya, Mi4i  ini mulai dari India. Ponsel sendiri ini telah terjual lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia, dengan harga dipatok di India senilai Rs. 12.999.

Desain: Mi4i, yang memiliki body polikarbonat, mengingatkan kita kepada Apple 5C. Ponsel ini memiliki desain uni-body dan terlihat sederhana namun elegan. Seperti kebanyakan flagships yang menjadi saingan Xiaomi, ponsel ini memiliki nano-SIM slot di samping tombol power dan tombol volume di samping. Baterai pada perangkat ini tidak dapat dilepas dan akan tersedia dalam Hitam, Putih, Orange, Biru, dan warna pink.

Tampilan atau Display: Perangkat ini dilengkapi dengan 5-inci unit layar kapasitif yang didukung dengan resolusi 1080×1920 piksel dengan kepadatan 441 PPI. Menariknya, ada fitur layar sinar matahari yang mengandalkan sensor untuk mendeteksi kelebihan cahaya dan mengatur secara otomatis kontras pada display.

Hardware dan performa: Dengan harga cukup  terjangkau dengan range harga menengah, Mi4i dilengkapi dengan 1.1GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 615 prosesor bersama dengan modul RAM 2GB. Telepon mengalami lag atau kendala berarti  meskipun kita mencoba menjalankan beberapa beberapa aplikasi bersamaan. Saat gaming, gadget akan sedikit memanas setelah digunakan bermain game kelas berat dengan durasi 3 jam atau lebih. Sedangkan untuk panggilan dan speaker bisa dinilai baik saat memainkan musik dan film.

Kamera dan Baterai: Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan  13-megapixel kamera belakang lensa F2.2 5 dan kamera depan 5MP  lensa F1.8 bersama dengan 180 degress dukungan luas sudut. Kedua kamera tampil prima dalam kondisi baik. Kamera belakang didukung oleh dual LED flash. Menariknya, kamera dapat mengidentifikasi jenis kelamin dan usia seseorang. Fitur ini tidak akurat tetapicukup untuk sekedar lucu-lucuan saja. Dalam hal baterai,dilengkapi dengan daya 3.080 mAh baterai cukup baik untuk mendukung satu hari setelah penggunaan media. Pada  siaga, ponsel ini bisa digunakan selama setidaknya satu minggu.

Penyimpanan dan Konektivitas: Di sinilah langkah Xiaomi bisa mematahkan semangat penggunanya. Ponsel ini memiliki tidak ada pilihan untuk memperluas media penyimpanan karena tidak support Micro SD, meskipun gadget ini  memiliki varian 64GB. Dengan spesifikasi yang begitu besar, ini bisa menjadi keterbatasan penggunaan harddrive untuk pecinta  game ukuran besar  dan pecinta musik. Dalam hal konektivitas, ada Wi-Fi dan Bluetooth 4.0. Ponsel ini beroperasi dengan dua kartu support SIM  4G LTE. Banyak sensor pada perangkat seperti  – kompas / magnetometer, sensor jarak, accelerometer, sensor cahaya, giroskop, barometer dan sensor suhu.

Sistem operasi dan antarmuka pengguna: Perangkat ini dilengkapi dengan Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop dengan menjalankan  tampilan MIUI 6. Ada beberapa kelambanan dalam UI setelah telepon menjalankan  terlalu banyak aplikasi.

Kesimpulan: Mi4i memiliki kamera yang lebih baik dan UI lebih halus handphone ini bisa menjadi pilihan jika dibandingkan dengan smartphone lainnya yang menggunakan prosesor yang sama dan range harga yang sama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *