April 12, 2021

Pengalaman Awal Menggunakan AstraPay

Karena sering membayar cicilan Astra Credit Company (ACC), saya berinisiatif untuk mencari metode payment lain setelah biasanya menggunakan Tokopedia. AstraPay sendiri adalah produk dari PT Astra Digital Arta serta bagian dari Astra International. Tidak heran mereka menyediakan beberapa pembayaran cicilan FIFGroup dan ACC.

Akhirnya tanggal 17 Desember 2020 saya menemukan bahwa saya bisa menggunakan Astrapay untuk membayar tagihan tersebut. Setelah selesai mendownload tentu saja saya langsung topup. Karena Astrapay ini tidak menyediakan pembayaran secara langsung (direct pay)

Topup Astrapay

Untuk topup astrapay menyediakan banyak source diantaranya ATM, internet banking, mobile banking hingga melalui virtual number bank CIMB dan Permata bank.

Agar tidak kena charge antarbank saya menggunakan aplikasi lain yaitu Oy! Aplikasi ini menyediakan transfer gratis antarbank yang sering saya gunakan sebagai backup FLIP.

Nah karena tidak membaca syarat dan ketentuan akhirnya saya malah hampir saja kehilangan dana. Saya tidak membaca bahwa pengguna aplikasi dengan Classic (unregistered) hanya dibatasi 2,5 juta saja.

Pengguna harus upgrade keanggotaan ke Preferred user yang natinya saldo dibatasi sampai dengan 10 juta rupiah.

Akhirnya saya mendapatkan notifikasi bahwa topup gagal melalui email. Celakanya, saya tidak mendapatkan notifikasi gagal dari Oy!.

Akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi kedua aplikator tersebut. Oy! menyatakan bahwa transfer yang saya lakukan berhasil. Untuk Astrapay masih belum bisa menyatakan apapun karena harus diinvestigasi lebih lanjut oleh tim mereka.

Kedua CS aplikasi tersebut cukup membantu, padahal saya menghubungi mereka pada jam 9 malam.

Akhirnya pada tanggal 22 Desember 2020 Astrapay melakukan koreksi topup dan saya tidak jadi kehilangan dana.

Akhir kata, mungkin sebelum kita menggunakan sebuah aplikasi ada baiknya membaca dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai akhirnya kita kehilangan dana gara-gara tidak membaca atau memahami syarat dan ketentuan tersebut

 

 

 

One thought on “Pengalaman Awal Menggunakan AstraPay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *